Harga Tiket Masuk Pantai Srau, Wisata Pasir Putih yang Indah di Pacitan

Pasir putih pantai Srau
Pasir putih pantai Srau
0
(0)

Lokasi: Candi Pringkuku, Area Peswahan, Candi, Kec. Pacitan, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur 63552
Map: Klik Disini
Jam Buka : Setiap Hari (24 Jam)
HTM: Rp5.000

Pantai Srau merupakan salah satu destinasi wisata alam yang terletak di Kabupaten Pacitan, Provinsi Jawa Timur. Pantai ini memiliki bentangan alam yang sangat memukau dan cocok untuk dikunjungi bersama keluarga atau kerabat terdekat. Apalagi jika tujuan liburannya itu untuk melepas penat dan keluar dari rutinitas sehari-hari.

Masyarakat Jawa Timur sendiri menilai bahwa pantai yang ada di Kabupaten Pacitan ini bagaikan primadona yang menjadi tujuan banyak pendatang. Bahkan pantai ini menjadi andalan untuk sumber pendapatan Pemda Kabupaten Pacitan. Maka dari itu tidak heran jika wilayahnya ini dijaga dengan baik sehingga tetap bisa memberikan kesan yang sama kepada setiap pengunjung.

Sebab banyak terjadi di area wisata lainnya yang banyak dikunjungi oleh wisatawan, namun semakin hari, kondisinya memburuk karena tidak dirawat. Tetapi, untuk pantai ini tetap ada yang namanya perawatan, mengingat bahwa pantai Srau merupakan salah satu andalan wisata dari Kabupaten Pacitan.

Fakta menariknya adalah Pantai Srau ini ternyata berbatasan langsung dengan Samudera Hindia. Pantai yang berbatasan dengan Samudera Hindia itu mayoritas memiliki pasir putih yang indah. Jadi tidak heran jika pantai ini sampai dijuluki surganya pasir putih yang ada di Jawa Timur.

Jadi itulah salah satu sebabnya mengapa pantai ini menjadi andalan pendapatan Pemda Kabupaten Pacitan. Apalagi pengunjung yang tertarik dengan pasir putihnya ini tidak hanya dari pengunjung lokal saja, tetapi mancanegara juga. Maka dari itu Pantai Srau tidak usah diragukan lagi untuk segi keindahan pasir putihnya.

Keindahannya Tidak Hanya Sebatas Pasir Putih

Pantai Srau
Pantai Srau

Keindahan yang dimiliki oleh pantai ini tidak hanya pasir putihnya saja. Tetapi ternyata, ombak yang ada di sini itu tidak terlalu besar. Jadi sangat cocok bagi anda yang suka berenang dan sekedar main-main di pinggir pantai bersama keluarga atau kerabat tanpa takut terseret arus.

Karena, kebanyakan pantai di area selatan itu memiliki ombak yang besar dan tidak aman jika digunakan berenang. Jadi misalnya di satu pantai itu selalu ada saja area yang tidak boleh digunakan untuk bermain apalagi bernang karena ombaknya yang tinggi dan berbahaya.

Meskipun demikian, sebagai pengunjung anda harus tetap hati-hati ketika berkunjung ke pantai manapun. Karena, sejatinya alam memang tidak bisa di prediksi. Jadi kita sebagai manusia tidak akan ada yang mengetahui perubahan dari siklusnya. Bisa saja suatu hari nanti ombaknya menjadi lumayan besar. Jadi meskipun saat ini memang terkenal dengan ombaknya yang kecil, tetapi tetap saja anda harus tetap waspada.

Simak juga tentang Pantai Klayar Pacitan 2022: HTM, Lokasi & Seruling Samudera.

Rute Jalan Menuju Pantai Srau

Pantai Srau letaknya tidak terlalu jauh dengan pusat kota Pacitan. Jadi anda hanya akan menempuh waktu sekitar 45 menit lamanya. Selama perjalanan dari kota Pacitan menuju pantai ini banyak area kuliner yang bisa anda sambangi. Maka dari itu memang lebih nyaman jika menggunakan motor, karena bisa sembari menikmati lingkungan sekitar.

Tetapi jika anda ingin menggunakan mobil pun tidak jadi masalah. Hanya saja jika ingin berhenti secara langsung itu perlu perhitungan karena tidak bisa langsung belok begitu saja. Hal ini karena mobil pasti akan membutuhkan tempat yang lebih luas. Sedangkan, warung pinggir jalannya pun diketahui menjual makanan olahan laut. Jadi akan jauh lebih mudah jika anda menggunakan motor supaya bisa langsung melihat dan membelinya.

Kunjungi juga Pantai Nampu Wonogiri: Gambar, Tiket Masuk dan Rute Ke Pantai Nampu.

Area Pantai Srau

Area dari wisata pantai di Pacitan ini cukup luas, bahkan sampai dibagi ke dalam tiga area. Jadi bagi anda yang ingin mengunjungi tempat ini, tentu saja bisa memilih area yang ingin dikunjungi. Seperti area satu yang cocok untuk anda untuk bermain air dan sedikit berenang dengan suasana pasir putih.

Lalu, area kedua ini cocok untuk anda yang ingin berjemur, santai-santai, atau sekedar menunggu matahari terbit dan terbenamnya. Hal tersebut karena area kedua dari pantai Srau ini memang sangat luas dan cukup jauh jaraknya dengan area perairan. Jadi anda yang berjemur itu tidak perlu takut terkena hempasan ombak.

Selanjutnya area ketiga ini memang merupakan wilayah dari pantai lain meskipun masih satu wilayah. Jadi untuk area ini ditemui pantai lain yang bernama pantai Wayang. Pantai Wayang ini terkenal dengan terumbu karangnya yang indah. Jadi di area ini anda bisa menemukan spot foto terbaik untuk mengabadikan momen liburan bersama keluarga.

Lokasi dan Harga Tiket Masuk

Lokasi dari pantai Srau ini berada di desa Candi, Kecamatan Pringkuku, Kabupaten Pacitan, Provinsi Jawa Timur. Dari pusat kota ini jaraknya sekitar 23km. Jadi dilihat dari jarak tempuhnya, pantai ini memang tidak terlalu jauh dengan pusat kota Pacitan. Maka dari itu akan sangat memungkinkan jika anda ingin menginap di pusat kota dan langsung bermain ke pantai di hari yang sama. Sebab, perjalanannya tidak terlalu lama untuk ditempuh.

Harga tiket masuk ke pantai Srau ini cukup murah, yaitu Rp5.000 saja. Harga yang diberikan ini sangat murah mengingat setelahnya anda akan mendapatkan pengalaman liburan terbaik di pantai yang berada di Jawa Timur ini. Anda juga sudah pasti akan betah untuk berlama-lama di area pantai Srau karena keindahannya.

Kunjungi juga tempat wisata Air Terjun Jumog Karanganyar.

Kegiatan Outdoor di Pantai Srau

Camping di pantau Srau
Camping di pantau Srau | Foto by Saiful Hilmi

Kegiatan outdoor yang bisa anda lakukan di pantai ini cukup banyak. Mengingat panorama alamnya sudah sangat mendukung untuk anda bisa menikmati liburan dengan tenang. Salah satu contohnya adalah camping. Anda bisa mendirikan tenda di area yang aman dari semburan ombak di pantai.

Camping di pantai ini juga akan menambah kesan tersendiri. Umumnya camping dilakukan pada dataran tinggi seperti gunung atau bukit. Namun, sekarang anda bisa juga melakukannya di area rendah seperti pantai. Tentu saja mulai dari suasana hingga cuaca alamnnya pun berbeda.

Apalagi ketika anda camping di area yang sesuai dengan terbenamnya matahari. Momen tersebut akan bisa menemani anda liburan sembari camping di pantai yang berada di Pacitan ini. Tidak hanya menikmatinya, anda juga bisa mengabadikan momen tersebut dengan membuat foto estetik atau membuat video pendek untuk diunggah ke media sosial.

Tetapi jika anda tidak membawa tenda pun tidak masalah. Sebab di sekitaran pantai juga terdapat penginapan yang bisa anda sewa. Jadi anda jangan takut jika datang kesini ketika siang atau sore hari. Sebab, ada banyak penginapan yang siap untuk menampung para wisatawan dari luar Pacitan.

Penutup

Demikian ulasan lengkap mulai dari lokasi, rute, harga tiket masuk, hingga informasi penginapan di pantai Srau. Jadi bagaimana? Sudah memutuskan destinasi wisata untuk liburan akhir pekan? Atau pantai ini anda siapkan untuk liburan di akhir tahun nanti sembari menikmati indahnya alam ketika pergantian tahun.

Berapa penilaian untuk tempat ini?

0 / 5. 0