Pantai Balekambang Malang: Daya Tarik, Tiket Masuk & Aktivitas

Pantai Balekambang Malang
Pantai Balekambang Malang
0
(0)

Alamat : Jl. Balekambang, Balaikambang, Srigonco, Kec. Bantur, Kabupaten Malang, Jawa Timur 65179
Peta : Klik Disini
Jam Buka : Tiap Hari
Tiket Masuk : Mulai Rp. 15.000

Berkunjung ke Malang, Jawa Timur akan menjumpai deretan pantai yang indah salah satunya Pantai Balekambang. Deburan ombak berpadu dengan panorama alam menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan.

Hal menarik dari pantai Balekambang adanya tempat ibadah Pura yang biasa digunakan oleh umat Hindu. Lokasi pura yang terletak di Pulau Ismoyo ini memang eksotis dihubungkan sebuah jembatan.

Panorama lain tidak kalah menarik yang bisa jadikan alternatif wisata, flying fox, camping hingga saksikan matahari terbit dan terbenam. Deretan spot wisata ini tentu membuat pengalaman liburan makin mengasyikkan

Sejarah Pantai Balekambang

Sejarah dan asal –usul Pantai Balekambang telah ada sejak beberapa tahun lalu. Bermula saat seorang ulama asal Jogjakarta bernama Syaikh Abdul Jalil datang ke daerah ini. Melihat kondisi pantai dihiasi rimbunan pepohonan kemudian membukanya.

Keindahan Pantai Balekambang Malang

3 Pulau Utama Di Seberang Pantai

Keindahan Pantai Balekambang Malang yang menajubkan,adalah 3 pulau utama terletak seberang pantai. Ketiga pantai tersebut meliputi Pulau Ismoyo, Pulau Anoman dan Pulau Wisanggeni.

Ketiga pulau ini menawarkan keindahan dan keunggulan masing-masing yang dihiasi jembatan menghubungkan ke pulau-pulau  itu. Keberadaan pulau-pulau memberi nuansa baru kawasan Pantai Balekambang sudah tentu liburan makin mengasyikkan

Bangunan Pura Di Pulau Ismoyo

Pura di Pantai Balekambang Malang
Pura di Pantai Balekambang Malang

Hal menarik dari Pantai Balekambang Malang, adalah bangunan pura di Pulau Ismoyo. Pulau Ismoyo merupakan gugusan batuan karang menjorok ke laut berwarna cokelat yang dihiasi bangunan pura dan rimbunan pepohonan

Pura Amerta Jati

Keindahan Pantai Balekambang memang menakjubnya dengan dibangunnya Pura Amerta di Pulau Ismoyo. Keberadaan pura di tengah pulau sering disebut Tanah Lotnya Malang.

Bangunan tempat ibadah pura begitu megah yang biasanya digunakan beribadah umat Hindu tinggal di sekitar pantai Apalagi terhubung jembatan sepanjang 100 meter berada di seberang begitu mirip dengan tanah lotnya di Bali

Tidak hanya bangunan pura yang menghiasi kawasan pantai ini, tetapi juga ziarah makam Syaikh Abdul Jalil. Ia merupakan ulama dari Malang, Jawa Timur dan pastinya berwisata ke Pantai Balekambang menjadi pengalaman tidak terlupakan.

Simak juga tentang 10 Kuliner Khas Malang Yang Sayang Untuk di Lewatkan.

Gradiasi Warna Air Laut Beragam

Ada yang istimewa ketika berwisata ke Pantai Balekambang, yakni keberadaan gradasi warna yang selalu berubah-ubah. Bening kehijau-hijauan letaknya pada bagian paling tepi kemudian warna hijau toska bisa ditemukan menjorok ke dalam laut.

Warna lain dari gradiasi yang terdapat pada Pantai ini tidak kalah  menarik, yakni biru muda hingga biru tua yang terletak pada laut lepas. Warna-warna tersebut begitu cantik saat terlihat ketika air laut pasang.

Kemudian kala air sedang surut justru dijumpai hamparan pasir membentang luas dengan menyajikan dua warna berbeda dan unik. Pasir putih yang terletak di tepi pantai dan pasir hitam lokasinya di kejahuan tentu hal ini menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan

Sajian hamparan pasir yang demikian bisa menjadi spot foto menarik sebagai latar belakang berfoto keluarga. Hal ini sudah pasti membuat spot Instagram yang dimiliki makin menawan.

Kemudian juga bisa menghabiskan waktu  bermain pasir sembari menikmati udara pantai yang sejuk. Atau melihat panorama alam sekitar pantai menawan sudah pasti membuat pengalaman berbeda dan tidak terlupakan.

Jembatan Beton

Jembatan Beton Pantai Balekambang
Jembatan Beton Pantai Balekambang

Jembatan beton merupakan akses jalan menuju Pulau  Ismoyo sepanjang 70 meter. Menariknya bukanya sebagai area jajan melainkan juga spot foto yang istimewa.

Saat berjalan di atas jembatan dapat beristirahat sejenak sembari berfoto dengan latar pantai atau pura yang pasti instagramable dan instagenik.

Tidak hanya sebagai latar belakang foto yang eksotik melainkan juga jembatan yang dibangun pihak pengelola. Dari jembatan ini dapat melihat keindahan sekeliling pantai  dari ketinggian tentu sajian ditawarkan lebih istimewa.

Simak juga Pantai 3 Warna Malang 2022: Tiket Masuk, Rute & Keindahannya.

Aktivitas Yang Bisa Dilakukan

Bermain Wahana Flying Fox

Tidak hanya bisa melihat dari dekat keindahan pura Pulau Ismoyo. Anda juga dapat melakukan kegiatan wisata lainnya yang menantang yakni bermain wahana Flying Fox. Wahana ini bisa melihat keindahan pantai dari ketinggian dan menantang Anda yang menyukai permainan andrealin.

Kegiatan Camping

Kegiatan wisata menarik ketika mengunjungi Pantai Balekambang, yakni camping. Aktivitas camping memungkinkan wisatawan dapat menikmati keindahan pantai seharian penuh.

Melihat matahari terbit di pagi hari  dan terbenam di sore hari adalah moment yang tidak bisa dilupakan. Moment detik-detik matahari terbit dan terbenam begitu menajubkan. Maka, langkah sederhana dengan melakukan camping biaya murah.

Spot Foto yang Indah

Ketika berkunjung ke Pantai Balekambang akan menjumpai deretan spot foto yang menarik. Bangunan pura dan  jembatan penghubung menuju Pulau Ismoyo salah satu spot bisa dijadikan background foto menawan

Ziarah Makam Syaikh Abdul Jalil

Panorama alam yang disajikan Pantai Balekambang memang indah, tetapi makin menawan dengan keberadaan makam Syaikh Abdul Jalil. Sembari berlibur dapat menyempatkan diri berziarah ke makam tersebut.

Hal menarik dari makam itu jarak yang jauh sekitar 1 kilometer dari pesisir pantai. Peringatan suro setiap bulan Muharram juga tidak kalah ramainya. Jumlah pengunjung melonjak tiga kalilipat menyaksikan prosesi Suroan.

Berburu Kuliner

Seusai lelah berlibur bisa memburu kuiner khas Malang  yang umumnya berdasar ikan, yakni resto Balekambang. Resto menawarkan menu makanan dari mulai olahan ikan bakar, goreng atau menu lainnya.

Terasa nikmat bila disantap dengan saus mentega,sambal dan lainnya, Harga terjangkau dan murah membuat makan siang makin terasa lezat apalagi bersama keluarga.

Fasilitas

Berbicara fasilitas di Pantai Balekambang cukup lengkap mulai dari mushola, kamar mandi dan tempat parkir luas. Selain itu, juga terdapat penginapan dan hotel yang murah nyaman cocok untuk beristirahat.

Harga mulai Rp 150.000-Rp 250.000 per malam kemudian bisa berbelanja souvenir yang dijual di kios-kios cenderamata harganya relatif terjangkau. Atau berburu makanan khas Malang yang lezat harga murah

Harga Tiket Masuk

Keindahan Pantai Balekambang
Keindahan Pantai Balekambang

Harga tiket masuk ke lokasi wisata Pantai Balekambang murah dan terjangkau. Rp 15.000 pada hari biasa kemudian hari libur atau hari besar Rp 20.000. Biaya parkir roda kedua Rp 5000 dan roda empat Rp 10.000.

Simak juga tentang 47 Tempat Wisata Di Malang Terbaru Yang Wajib Dikunjungi Saat Liburan.

Rute Menuju Lokasi Wisata Pantai Balekambang

Transportasi yang bisa digunakan menuju lokasi wisata kendaraan umum dan pribadi. Perjalanan wisata dimulai dari Malang kemudian ikuti jalan ke arah Gadang dan Kendalpayak.

Sesampai Gadang ikuti jalan menuju Desa Gondanglegi melewati daerah Pagelaran, Bantur, dan Srigonco baru kemudian melanjutkan perjalanan sampai Pantai Balekambang Malang, Jawa Timur

Sarana transportasi menggunakan angkutan umum menuju lokasi wisata telah dipersiakan pihak pengelola. Terlebih dahulu naik angkutan dari Terminal Arjosari di Malang terus naik angkutan kota jurusan Terminal Gadang. Setiba terminal Gadang kemudian ganti angkutan lain jurusan Bantur.

Dari terminal Bantur lanjutkan perjalanan turun Kecamatan Gondanglegi atau Pagelaran. Perjalanan hampir mencapai tujuan dari daerah Gondanglegi atau Pagelaran meneruskan dengan naik ojek.

Karena memang di daerah ini belum ada angkutan umum menuju pantai Itulah informasi singkat tentang Pantai Balekambang Malang Jawa Timur, daya tarik, harga tiket .Kemudian juga, rute menuju lokasi wisata yang bisa menjadi salah satu rekomendasi pilihan ketika berkunjung ke kota Malang.

Berapa penilaian untuk tempat ini?

0 / 5. 0