Pantai Sendang Biru Malang : Keindahan & Legenda Mata Air Tawar

Pantai Sendang Biru Malang
Pantai Sendang Biru Malang
0
(0)

Alamat : HM9P+CCF, Sendangbiru, Tambakrejo, Kec. Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang, Jawa Timur 65176
Peta : Klik Disini
Jam Buka: 06.00 – 17.30 WIB

Pantai Sendang Biru Malang – Kabupaten Malang mungkin wilayah yang tidak terlalu besar diantara beberapa daerah di Jawa Timur. Namun soal tempat wisata bisa jadi Malang menjadi yang terdepan, terutama untuk obyek wisata alam yang merupakan bukti akan indahnya indonesia. Sama halnya dengan Yogyakarta, Malang juga tercatat sebagai kota pelajar. Dan di sisi lain kedua kota ini juga sama-sama menyandang predikat kota wisata.

Ada sejumlah tempat wisata yang berada di Malang ini layak disejajarkan dengan tempat wisata terkenal lainnya di Indonesia. Pantai Sendang Biru contohnya, pantai yang terletak di arah Selatan Kota Malang ini menyimpan potensi wisata bahari yang tak kalah menarik dari pantai-pantai di Bali atau di Indonesia Timur lainnya, dan merupakan salah satu surgawisata di daerah jawa Timur.

Secara geografis Pantai Sendang Biru Malang terletak di pesisir Selatan Samudera Indonesia, tepatnya di Desa Tambakrejo – Kecamatan Sumbermanjing Wetan. Jika dari pusat Kota Malang jaraknya sekitar 67 ke arah Selatan dengan waktu tempuh kurang lebih 2,5 jam menggunakan kendaraan umum atau pribadi.

Cagar Alam Pulau Sempu

Cagar Alam Pulau Sempu
Cagar Alam Pulau Sempu | Foto dari Denny Ajie Utama

Berbeda dari pantai lainnya, Pantai Sendang Biru Malang ini berhadapan langsung dengan sebuah pulau kecil. Pulau ini terkenal dengan nama Pulau Sempu. Antara Pantai Sendang Biru dan Pulau Sempu sendiri dipisahkan oleh Selat Sempu kurang lebih 4 kilometer panjangnya. Di Selat Sempu inilah biasanya wisatawan melakukan olahraga air karena lokasinya cukup nyaman, terlindung oleh Pulau Sempu. Pantai Sendang Biru sendiri merupakan satu-satunya pintu masuk ke Pulau Sempu yang konon terkenal karena alamnya yang indah.

Berkunjung ke Pantai Sendang Biru memberi kesan mendalam bagi wisatawan yang menyempatkan diri singgah di Pulau Sempu. Selain terdapat danau laut, pulau ini merupakan sebuah cagar alam. Begitu memasuki kawasan tengah hutan maka pengunjung akan menemukan danau air tawar dimana terdapat banyak sekali ikan lele didalamnya. Pantai Sendang Biru sendiri merupakan tempat pelelangan ikan. Yang menarik, pengunjung bisa membeli ikan segar dari nelayan secara langsung. Jika ingin sekedar berkeliling disini sudah tersedia perahu bermesin diesel yang disewakan.

Baca juga tentang Pantai Tamban Malang: Tiket Masuk, Eksotisme & Lokasi.

Pengunjung bisa mendapatkan ikan segar di pasar pelelangan dengan harga murah. Beberapa jenis ikan yang biasanya ditransaksikan di Pantai Sendang Biru yaitu Ikan Kembung, Ikan Pelagis, Ikan Tongkol, Ikan Layang, Ikan Lemurung, dan Cumi-cumi. Ada juga jenis ikan Damersal seperti Ikan Kerapu, Ikan Kakap Merah, Ikan Kakap Putih dan Ikan Bawal Putih. Pantai ini juga menghasilkan beberapa jenis ikan untuk di ekspor yaitu Ikan Tenggiri, Ikan Tuna, Teripang, Lobster dan Ikan Cucut.

Saat ini cukup banyak pihak yang mengatakan Pantai Sendang Biru Malang tidak menarik lagi. Mungkin hal ini karena pantai yang seharuskan diekspos untuk kawasan wisata justru penuh sesak oleh perahu nelayan. Meski begitu pantai ini tidak pernah sepi dari pengunjung. Biasanya mereka hanya duduk-duduk sambil mengamati Pulau Sempu dari bibir Pantai atau membaur dengan nelayan yang lalu lalang baik yang berangkat melaut maupun yang bersandar.

Kondisi pantai yang dianggap kurang menarik oleh sebagian orang sepertinya tidak berlaku bagi pengunjung yang benar-benar menyukai wisata pantai. Mereka tetap bisa melakukan aktivitas menyenangkan seperti memancing, berenang atau berkeliling menggunakan perahu yang disewa.

Baca juga tentang 20 Air Terjun di Malang Terindah & Paling Hits.

Efek Magis Mata Air Tawar Pulau Sempu

Mata Air Tawar Pulau Sempu
Mata Air Tawar Pulau Sempu | Foto dari Tour Banyuwangi

Di hari-hari tertentu atau sekitar tanggal 7 – 8 bulan syawal intensitas pengunjung yang menyeberang ke Pulau Sempu cenderung meningkat. Dengan menggunakan perahu sewaan banyak dari mereka yang mengambil air dari sumber mata air tawar yang ada di Pulau Sempu. Banyak yang percaya air tawar tersebut mengandung kekuatan magis yang mampu menyembuhkan segala jenis penyakit. Begitu tanggal 27 September tiba masyarakat menggelar ritual petik laut. Ritual tahunan ini populer dengan istilah Sedekah Laut, sebagai perwujudan rasa syukur dari hasil hasil laut yang melimpah.

Penamaan Pantai Sendang Biru sebenarnya berkaitan dengan sumber mata air (istilah Jawa: sendang) yang ada di bawah bukit. Mata air atau Sendang dengan warna air jernih kebiruan inilah yang membuat pantai ini akrab dengan sebutan Pantai Sendang Biru. Sendang di bawah bukit ini terletak 1 kilometer dari pantai ke arah Barat.

Jika wisatawan berniat mengunjungi sendang biru maka terlebih dulu harus naik ke perkampungan arah ke Jalur Lintas Selatan (JLS). Di kiri Jalur Lintas Selatan ada jalan setapak, pengunjung bisa mengikuti jalan setapak tersebut sampai menemukan sumber air tawar yang dimaksud. Sendang atau sumber air tawar ini memiliki luas sekitar 80 meter persegi dan kedalaman hingga 2,5 meter. Selain Sendang Biru kawasan ini sebenarnya ada sendang lain yaitu Sendang gambir. Namun karena memiliki debit air lebih besar maka Sendang Biru menjadi lebih terkenal.

Jika dicermati lebih jauh sebenarnya Pantai Sendang Biru Malang ini tetap terlihat indah. Pasir pantai dan air laut yang biru cerah menawarkan pesona luar biasa bagi siapapun yang memandangnya. Kapal nelayan maupun kapal yang disewakan berjajar rapi siap dioperasikan untuk mencari ikan atau membawa pengunjung berkeliling Pulau Sempu. Dari atas perahu yang disewa pengunjung bisa menyaksikan pemandangan bawah laut dimana banyak ikan-ikan kecil yang berenang di sela-sela terumbu karang.

Simak juga tentang 10 Kuliner Khas Malang Yang Sayang Untuk di Lewatkan.

Fasilitas Transportasi dan Akomodasi

Bagi wisatawan yang meluncur ke Pantai Sendang Biru Malang menggunakan kendaraan pribadi bisa mengikuti Jalur Lintas Selatan (JLS). Jika lebih suka menggunakan transportasi umum bisa berangkat dari Terminal Arjosari naik angkutan jurusan Terminal Gadang kemudian naik angkutan umum lagi jurusan Turen. Dari Turen langsung ke Pantai Sendang Biru. Bagi yang ingin menginap selama beberapa hari disekitar lokasi sudah tersedia penginapan dan Guess House. Pantai Sendang Biru ini lokasinya cukup dekat dengan tempat wisata lain yaitu Pantai Goa China, sehingga wisatawan bisa mengunjungi dua tempat sekaligus hanya dengan satu kali perjalanan.

Penutup

Itulah ulasan singkat tentang pantai sendang biru dan pulau sempu di Malang, jangan lupa kunjugi tempat wisata di Malang lainnya yang indah dan pantai lain di Malang untuk wisatamu.

Berapa penilaian untuk tempat ini?

0 / 5. 0