10 Pantai di Flores Yang Indah & Paling Hits 2022

Pantai di Flores Pantai Koka
Pantai di Flores Pantai Koka
0
(0)

Pulau Flores ini memang sudah terkenal dengan keindahan alamnya yang masih asri dan terjaga dengan baik. Pantai di Flores yang sangat indah sudah banyak pula wisatawan domestik dan mancanegara yang berkunjung ke Pulau Flores untuk berwisata. Karena kecantikan alamnya ini, ada yang menyebut Pulau Flores dengan sebutan sebagai potongan Taman Firdaus atau Firdaus yang Terlempar. Pulau Flores ditempati oleh penduduk yang mayoritas beragama Katolik Roma.

Kesan pertama jika menyebut nama Pulau Flores tentunya terkenal dengan reptil Komodo dan Danau Kelimutu yang memiliki tiga warna. Tak hanya terkenal dengan destinasi wisata tersebut, ternyata Flores juga menyimpan beranekaragam destinasi wisata pantai yang perlu dikunjungi dan di eksplore lebih lanjut.

10 Pantai di Flores yang Indah & Hits

Dalam kesempatan kali ini kami akan berbagi informasi mengenai 10 pantai terindah Flores, antara lain sebagai berikut :

1. Pantai Lewolein

Pantai di Flores Pantai Lewolein
Pantai di Flores Pantai Lewolein | Foto by Eka Pramudita

Pantai di Flores pertama adalah Pantai Lewolein berada di Desa Dikesare, Kecamatan Lebatukan, Lembata. Untuk bisa sampai ke lokasi Pantai Leolein ini dapat menempuh jarak sejauh 27 km dari pusat Kota Lewoleba selama kurang lebih 2 jam menggunakan transportasi sepeda motor atau mobil pribadi. Pantai Lewolein menawarkan keindahan suasana yang masih alami dengan terdapat rindangnya pohon kelapa tumbuh subur di pesisir pantai tersebut. Selain itu Pantai Lewolein ini termasuk spot terbaik untuk menyaksikan sunset atau matahari terbenam di sore hari.

Untuk fasilitas umum yang tersedia cukup memadai seperti adanya gasebo – gasebo di pesisir pantai yang memang sudah disediakan untuk para pengunjung bersantai. Bahkan para wisatawan juga bisa mencicipi makanan kuliner seafood khas dari daerah setempat berupa ikan panggang, ikan goreng, telur rebus serta minuman. Pada hari tertentu juga terdapat rutinitas penangkapan ikan tradisional yang dalam bahasa setempat disebut rewa ika.

Alamat : PJ4M+C8Q, Jl. Trans Lembata, Dikesare, Kec. Lebatukan, Kabupaten Lembata, Nusa Tenggara Tim.
Map :
Klik disini
Jam Buka :
iSetiap Hari 24 Jam

2. Pantai Koka

Pantai di Flores Pantai Koka
Pantai di Flores Pantai Koka | Foto by Virgile Genoud

Pantai Koka ini terletak di wilayah administrasi Kabupaten Sika, Wolowiro. Untuk bisa sampai ke Pantai Koka dapat menempuh perjalanan sejauh 42 km dari Maumere. Selama perjalanan, Anda akan dimanjakan dengan pemandangan alam yang sangat eksotis terdiri dari pemandangan rumah penduduk dan perkebunan buah – buahan serta komoditas lainnya. Akses jalan menuju lokasi Pantai Koka ini cukup menantang karena jalannya yang agak sempit dan cukup sulit diakses.

Pantai Koka dibagi menjadi dua wilayah yaitu sisi kanan dan sisi kiri. Untuk sisi kananya menawarkan keindahan pantai dengan terdapat hamparan tebing curam dihantam oleh hempasan ombak laut yang cukup besar. Sedangkan pada sisi kiri pantai memiliki ombak laut yang cukup tenang dan sangat aman jika para pengunjung bermain air maupun berenang di bibir pantai.

Alamat : Wolowiro, Kec. Paga, Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Tim.
Map : Klik Disini
Jam Buka : 24 Jam

3. Pantai Maukaro

Pantai Maukaro Flores
Pantai Maukaro Flores | Foto by Rosa DP

Pantai Maukaro ini berada di Kecamatan Maukoro yang memiliki keindahan panorama pantai berpasir putih dengan ombak yang cukup tenang. Lokasi pantai ini sering sekali dijadikan sebagai destinasi wisata akhir pekan bagi masyarakat Flores. Bahkan para wisatawan pun diperbolehkan untuk berenang di sekitar tepian pantai. Selain itu terdapat pula warung – warung makan yang menyediakan aneka menu hasil – hasil laut yang lezat dan siap disantap oleh para pengunjung.

Simak juga tentang Danau Kelimutu atau Danau Tiga Warna di Flores 2022: Tiket Masuk & Keindahannya.

Alamat : 9GMF+9GG, Kebirangga, Kec. Maukaro, Kabupaten Ende, Nusa Tenggara Tim.
Map : Klik Disini
Jam Buka : Setiap Hari (6.30 – 21.00)

4. Pantai Mbuu

Pantai Mbuu Flores
Pantai Mbuu Flores | Foto by Lexy Saja

Pantai di Flores selanjutnya adalah Pantai Mbuu yang ini masuk dalam wilayah Kabupaten Ende dan letaknya juga tidak jauh dari pusat kota Ende. Para wisatawan dapat berjalan – jalan menyusuri pantai ini untuk menikmati pemandangan dan pesona pantai yang indah. Terdapat sebuah sungai membelah daratan dan membentuk bendungan kecil seperti danau di pantai ini. Di bendungan tersebut ditumbuhi ilalang dan rumput liar. Selain itu terdapat pula bebatuan berlumut hijau yang berada di tepian pantai.

Alamat : 5M2Q+RJ9, Wolotopo, Kec. Ndona, Kabupaten Ende, Nusa Tenggara Tim.
Map : Klik Disini
Jam Buka :

5. Pantai Merah Jambu (Pink Beach)

Pantai Merah Jambu Flores
Pantai Merah Jambu Flores

Pantai Merah Jambu atau Pantai Pink ini berada di kawasan Taman Nasional Pulau Komodo. Jika dibandingkan dengan pantai di Flores lainnya maka Pantai Merah Jambu sangatlah unik, hal ini dikarenakan pasir pantainya berwarna pink dan air lautnya yang berwarna biru tosca. Pantai Merah Jambu ini masih terjaga keasriannnya. Pantai Merah Jambu juga termasuk satu dari 7 pantai berwarna pink lain di dunia. Warna merah muda yang ada di pasir ini merupakan komposisi dari koral, pecahan kerang dan kalsium karbonat dari biota laut yang ada di sana.

Alamat :Nusa Tenggara Timur
Map : Klik Disini
Jam Buka :

6. Pantai Oa

Pantai Oa Flores
Pantai Oa Flores | Foto by Simon Nany

Pantai Oa ini berada di pantai selatan Flores Timur, tepatnya di Kecamatan Wulanggitang, Kabupaten Flores Timur. Untuk bisa menuju Pantai Oa ini bisa ditempuh dari Maumere atau dari Larantuka dengan melewati jalur jalan trans Flores. Kemudian Anda akan sampai di Boru yang merupakan ibukota Kecamatan Wulanggitang. Pantai Oa memiliki jenis pasir pantai yang halus dan berombak tenang. Pantai Oa ini masih belum banyak dikunjungi oleh para wisatawan jadi suasana pantai cukup tenang dan masih terjaga kebersihannya.

Simak juga informasi tentang Pulau Kelor Flores, Pulau Indah Tersembunyi di Labuhan Bajo.

Alamat : Pantai Oa, Kabupaten Flores Timur, Nusa Tenggara Tim.
Map : Klik Disini
Jam Buka :

7. Pantai Batu Biru Penggajawa

Pantai Batu Biru Penggajawa
Pantai Batu Biru Penggajawa | Foto by Yan Manik

Pantai Batu Biru Penggajawa ini menawarkan panorama pantai berpasir putih dan deburan ombak lautnya cukup tinggi. Akses menuju lokasi Pantai Batu Biru Penggajawa dapat melalui jalur jalan trans Flores dan pantai ini berada di pinggir jalan trans Flores tersebut. Tak hanya dihiasi dengan pasir pantai berwarna putih saja, tetapi juga terdapat bebatuan berwarna biru di sekitar pantai. Batuan biru ini berasal dari dasar laut Penggajawa.

Bahkan bebatuan tersebut oleh penduduk lokal dikumpulkan dan dijual ke pengepul untuk dikirim ke Jawa ataupun diekspor ke luar negeri. Jika Anda ingin melihat panorama pantai yang lebih eksotis dapat mendaki bukit yang berdiri tegak di kanan dan kiri pantai. Selain itu Pantai Batu Biru Penggajawa juga termasuk spot terbaik untuk menyaksikan fenomena sunset.

Alamat : 5FXW+3CJ, Penggajawa, Kec. Nangapanda, Kabupaten Ende, Nusa Tenggara Tim.
Map : Klik Disini
Jam Buka : 24 Jam

8. Pantai Betesda Waiara

Pantai Betesda Waiara Flores
Pantai Betesda Waiara Flores | Foto by Oan Rangga

Pantai Waiara ini juga disebut dengan nama  Pantai Sa’O oleh penduduk setempat. Pantai Waiara ini adalah salah satu destinasi wisata pantai terfavorit masyarakat Maumere. Bahkan juga ada saja wisatawan domestik maupun mancanegara yang berkunjung ke obyek wisata pantai yang satu ini. Lokasi dari Pantai Waiara berjarak sejauh 10 km dari pusat Kota Maumere. Pantai ini berpasir hitam dan banyak sekali wisatawan beraktivitas bersnorkeling atau diving di pantai ini untuk menikmati keindahan terumbu karang dan berbagai macam biota laut yang berada di bawahnya.

Alamat : 9873+5R3, Waiara, Kec. Kewapante, Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Tim.
Map :
Klik Disini
Jam Buka :

9. Pantai Kajuwulu

Pantai Kajuwulu Flores
Pantai Kajuwulu Flores | Foto by YANTO DOJJA

Jika Anda berjalan menyusuri pantai Laut Flores ke arah barat Maumere, maka akan menemukan Pantai Kajuwulu ini. Lokasi dari Pantai Kajuwulu berada sekitar jarak 24 km dari kota Maumere. Kajuwulu adalah pantai yang dikelilingi bukit tandus. Uniknya pada salah satu bukitnya berdiri sebuah salib besar yang dapat dijangkau jika berjalan menapaki tangga – tangga yang sudah tersedia.

Dari atas bukit, para wisatawan dapat menyaksikan keindahan Pantai Kajuwulu yang masih asri dan belum disentuh tangan manusia. Patai ini juga memiliki jenis pasir berwarna putih dengan air lautnya yang sangat jernih. Pantai Kajuwulu adalah spot yang cocok untuk melakukan kegiatan snorkeling.

Baca juga tentang Pantai Pink Snorkeling, Penginapan, dan Rute ke Lokasi Wisata 2022

Alamat : F3GC+7GH, Jalan Raya Magepanda, Magepanda, Sikka, Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Tim.
Map :
Klik disini
Jam Buka :

10. Pantai Watotena

Pantai Watotena Flores
Pantai Watotena Flores | Foto by Madame Jastip

Pantai Watotena adalah pantai di Flores yang berada di Pulau Adonara dan termasuk salah satu objek wisata pantai Flores Timur. Pantai Watotena dapat diakses dengan menggunakan perahu motor selama 3 jam dari Larantuka, ibukota Flores Timur dan berlabuh di dermaga Terong atau pelabuhan Waiwerang, lalu dari Waiwerang Anda masih harus menggunakan transportasi darat lagi berjarak 6 km untuk mencapai Watotena.

Untuk bisa sampai ke lokasi pantai tersebut memang membutuhkan perjuangan dan jiwa petualang. Namun pengorbanan Anda akan terbayar lunas ketika Anda berada di pantai ini. Pantai Watotena adalah hasil kombinasi unik antara batu magma yang hitam pekat dengan pasir putih yang bersih. 

Alamat : Lewobunga, Adonara Timur, Kabupaten Flores Timur, Nusa Tenggara Tim.
Map :
Klik Disini
Jam Buka :

Itulah ulasan singkat informasi 10 pantai di Flores yang bisa Anda jadikan sebagai salah satu destinasi wisata pantai apabila sedang berada di Flores. Semoga informasi yang kami bagikan bisa bermanfaat untuk Anda. Selamat berwisata.

Berapa penilaian untuk tempat ini?

0 / 5. 0